Senin, 18 Januari 2010

BILLBOARD TENAGA SURYA

JAKARTA - Vendor elektronik yang juga fokus di industri tenaga surya, Sharp membuat terobosan baru dengan membuat panel surya sebagai sumber energi listrik pada salah satu papan reklame yang berlokasi di jalan protokol MH. Thamrin, Jakarta Pusat.
Data terakhir yang di dapat dari PLN, konsumsi listrik untuk triwulan kedua 2009 adalah sebesar 64,8 tera watt hour (TWh). Di DKI Jakarta sendiri, proporsi terbanyak adalah pengguna listrik bisnis dan rumah tangga. Sedangkan konsumsi listrik satu papan reklame yang berdurasi 6 jam per hari, rata-rata membutuhkan energi listrik sebanyak 192.000 KWh, yang mampu menyalakan satu buah desa kecil.
Oleh karena itu, gerakan-gerakan hemat energi telah digalakkan untuk mengantisipasi konsumsi energi di masa yang akan datang. Salah satu gerakan hemat energi yaitu dengan hemat bahan bakar dan menggunakan bahan bakar dari non-fosil yang dapat diperbaharui seperti tenaga angin, tenaga air, energi panas bumi, dan tenaga matahari. Duniapun sudah mulai merubah tren produksi dan penggunaan bahan bakarnya, dari bahan bakar fosil beralih ke bahan bakar non-fosil, terutama tenaga surya yang tidak terbatas.
"Kami berharap, dengan mengganti energi listrik dengan energi matahari pada papan reklame kami mampu memberikan kontribusi yang signifikan pada lingkungan," ujar Ryunosuke Kitagawa, Brand Strategy Group Director PT Sharp Electronics Indonesia, melalui keterangan resminya.
Proses pengerjaan dari proyek ini memakan waktu selama 3 bulan, dimulai pada Juli 2009 yaitu proses perencanaan dan perancangan. Dilanjutkan pada Agustus 2009 dengan proses rekonstruksi papan reklame, diikuti pemasangan panel surya, dan uji coba sistem pengoperasian papan reklame. Kemudian pada bulan September 2009, papan reklame Sharp yang menggunakan energi surya sebagai sumber listrik sudah mulai dioperasikan.
Sebelumnya perusahaan elektronik ternama ini sudah lama mendukung program-program hemat energi, diantaranya adalah memadamkan seluruh billboardnya se-Jawa dan Bali pada perayaan Earth Day tahun 2008 dan ikut serta mendukung gerakan Earth Hour 2009 pada Maret 2009 lalu. Pada kegiatan sehari-hari Sharp juga menerapkan hemat energi dengan cara memadamkan listrik pada saat jam istirahat selama satu jam dan menggunakan air secukupnya.
Di masa mendatang Sharp akan terus menghasilkan produk-produk ramah lingkungan, hemat energi, dan tahan lama seperti produk panel surya Photovoltaic serta produk-produk elektronik lain dari Sharp yang memang sudah terbukti kualitasnya.
"Ke depan, Sharp berharap seluruh papan reklame di Indonesia menggunakan sistem panel surya sebagai pengganti energi listrik untuk menghemat energi," kata Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia Fumihiro Irie. (okz) www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar