Senin, 11 Januari 2010

SAMSUNG LUNCURKAN PONSEL TENAGA SURYA



JAKARTA--Samsung memperkenalkan ponsel bertenaga solar pertamanya, Crest Solar (E1107). Ponsel terbaru ini memungkinkan konsumen untuk mengisi ulang baterai dimanapun matahari bersinar saat listrik tak tersedia.
''Crest Solar menggambarkan usaha dan komitmen kami untuk memperkuat kepemimpinan kami di pasar ponsel solar,'' ungkap JK Shin, Executive Vice President dan Head of Mobile Communication Division, Samsung Electronics, saat memperkenalkan ponsel ini di Seoul, Selasa (23/6).
Ponsel tenaga surya yang dikembangkan Samsung, tidak saja menggambarkan kemajuan teknologi yang dicapai vendor ini. Ia sekaligus menggambarkan suatu strategi baru yang tengah dikembangkan, yakni consumer-oriented.
Wajar jika JK Shin optimistik dengan produk terbarunya ini. ''Saya yakin Crest Solar akan menjadi produk yang sesuai untuk semua segmen di pasar manapun. Bukan semata-mata karena ponsel ini bertenaga solar, namun karena ponsel ini memiliki fitur-fitur yang dirancang sesuai dengan berbagai kebudayaan,'' papar JK Shin.
Crest Solar akan tersedia di beberapa pasar termasuk India, Eropa, Asia Tenggara, Asia Barat Daya, dan Amerika Latin mulai bulan Juni 2009. Pada ponsel ini selain baterai konvensional terdapat baterai tambahan bertenaga solar.
Baterai tenaga surya bisa dimanfaatkan apabila pengguna tidak mendapatkan catu daya listrik untuk mengisi baterai. Mereka bisa melakukan pengisian dengan tenaga surya sekitar 1 jam dan bisa dimanfaatkan untuk komunikasi suara antara 5-10 menit.
Crest Solar hadir dalam desain praktis dengan fitur-fitur utama sebuah ponsel seperti FM radio, nada dering MP3, permainan dan lampu sorot yang terang. Ponsel ini juga mendukung layanan mobile tracker yang secara otomatis akan memberikan sinyal ketika SIM card diganti atau mengirimkan pesan SOS dalam keadaan darurat. Ponsel ini juga memiliki fitur fake call, sehingga konsumen dapat seolah-olah menerima panggilan masuk untuk menghindari situasi yang tidak aman.
Samsung menawarkan fitur-fitur yang disesuaikan dengan keadaan setempat untuk negara yang berbeda. Sebagai contoh, ponsel menawarkan seleksi profil pemberitahuan panggilan masuk hanya dari kontak tertentu yang telah dipilih demi keamanan pengguna sepeda motor di pasar Asia Tenggara. Fitur-fitur khusus termasuk pemberitahuan waktu ibadah. (tar/bur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar